Jenis Senjata

Senjata awalnya hanya digunakan dalam perang. Berbagai jenis senjata api canggih diciptakan untuk keperluan peperangan. Senjata api (fire arm) merupakan senjata yang bisa melepaskan satu atau lebih proyektil yang didorong dengan kecepatan tinggi oleh gas hasil dari pembakaran propelan. Proses pembakaran di dalam senjata api itu disebut deflagrasi.

Zaman dahulu, senjata api menggunakan bubuk hitam sebagai propelan. Namun pada era modern ini, senjata api telah menggunakan bubuk nirasap, cordite, dan propelan lainnya. Biasanya senjata api modern memasang laras lingkaran agar bisa memberikan efek putaran pada proyektil untuk menambah kestabilan lintasan.

Berikut ini ada 12 jenis senjata api yang biasa digunakan dalam perang, terutama pada waktu Perang Dunia I dan Perang Dunia II. Jenis-jenis senjata api ini merupakan senjata terbaik dan tercanggih di dunia hingga saat ini. Keakurasian dan keefektifannya dalam memuntahkan peluru tidak bisa dianggap remeh. Jenis-jenis senjata api tersebut antara lain sebagai berikut.

1. Jenis Senjata Api – AK-47

Senjata ini telah diproduksi lebih dari 75 juta di seluruh dunia. Nama lain dari senjata ini adalah “Kalashnikov”. AK 47 merupakan senjata api legendaris yang bisa memberi kerusakan paling mematikan dibanding senjata api apapun. Jenis senjata api AK-47 ini termasuk senjata api serbu otomatis. AK-47 memiliki kaliber peluru 7,62 mm.

AK-47 dapat memuntahkan 600 peluru per menit. Senjata ini pun sangat cocok untuk pasukan infanteri buru sergap. Akan tetapi, AK-47 ini identik dengan senjata teroris karena mampu membunuh dengan sangat cepat dalam hitungan detik. Maka tidak heran jika pada 1947 menjadikan senapan ini sebagai senapan standar pasukan perangnya.

Anda tentu sering mendengar jenis senjata yang satu ini, bukan? Namun, tahukah Anda singkatan dari apakah AK-47 itu? AK-47 merupakan singkatan dari Avtomat Kalashnikova 1947. Jenis senjata api ini dirancang oleh Mikhail Kalashnikov, diproduksi oleh pembuat senjata Rusia IZhMASh, dan digunakan oleh banyak negara Blok Timur saat berlangsungnya Perang Dingin.

2. Jenis Senjata Api – M16

Senjata ini memang pernah mengalami masalah kemacetan, tapi M16 telah membuktikan kehandalannya melalui akurasi, penanganan, masa digunakan, serta keefektifannya dalam bertempur. M16 dibuat dari bahan campuran plastik dan logam ringan. Senjata mematikan ini mempunyai sistem reload (pengisian ulang peluru) yang mudah. M16 menggunakan peluru kaliber 5.56x45mm dan dapat menghasilkan efek melukai yang sangat fatal, bahkan mematikan.

3. Jenis Senjata Api – Le-Enfield SMLE

Lee-Enfielf SMLE digunakan sebagai senapan standar infantry Inggris dari mulai Perang Dunia ke-1 hingga krisis Suez. Senjata ini punya reputasi baik dalam hal akurasi, kehandalan, serta jumlah tembakan per menit yang luar biasa. Magasin Lee-Enfielf SMLE mampu membawa 10 peluru, merupakan jumlah terbanyak dari senapan apapun di 50 tahun awal abad 20.

4. Jenis Senjata Api – M1 Garand

M1 Garand pernah dipuji oleh Jendral Patton yang mengatakan bahwa pada Perang Dunia ke-2, senjata ini menjadi peralatan perang terhebat yang pernah ada. Meskipun ditemukan sedikit kecacatan, M1 Garand merupakan senjata semi otomatis pertama yang bagus dan keakurasian dalam mendominasi perang. Dengan kelebihan yang dimiliki jenis senjata api ini, tidaklah mengherankan jika kemudian pasukan tentara Amerika Serikat kepincut dan menjadikannya sebagai senjata standar militer di negara tersebut.

5. Jenis Senjata Api – FN FAL

FN FAL digunakan sebagai senjata klasik selama perang dingin. Senapan ini juga memuaskan tentara Australia pada perang di Vietnam, tentara Israel selama perang 6 hari, dan pernah digunakan Inggris dan Argentina pada perang Falkslands. FN FAL merupakan tipe senjata semi atau full automatic rifle. Senjata ini menggunakan peluru kaliber 7.62 x 51 mm (30 inch).

6. Jenis Senjata Api – Mauser K98k CARBINE

Model asli dari senjata ini pernah digunakan selama Perang Dunia I dan menghasilkan efek yang besar. Mauser, pertama kali diproduksi pada akhir abad ke-19. Senjata ini merupakan gabungan sempurna dari inovasi senapan di akhir abad ke-19. Hingga pengembanganya, serbuk mesiu pada Mauser tidak mengeluarkan asap. Senjata ini juga bisa diisi dengan magasi dan memiliki fitur bolt action.

7. Jenis Senjata Api – Steyr AUG

Steyr AUG dikenalkan pada 1977. Senjata ini memiliki konfigurasi “Bull-pup” yang radikal. Steyr AUG merupakan senjata yang ringkas dan mudah digunakan karena semua sistemnya berada di belakang pelatuk. Senjata api ini merupakan tipe semi or full automatic Bull-Pup Assault Rifle.

8. Jenis Senjata Api – 1903 Springfield

1903 Springfield pernah digunakan tentara Marinir AS pada waktu perang Belleau tahun 1918. Senapan ini juga digunakan pada waktu Perang Dunia II, perang Korea, dan pada waktu perang Vietnam. 1903 Springfield merupakan modifikasi senapan Jerman, 7mm Mauser. Modifikasi tersebut menghasilkan senjata yang bermagasin, yang secara fenomenal menambah akurasi.

9. Jenis Senjata Api – Strurmgewehr 44/STG 44

Berawal saat Jerman dengan senjata “bolt action Mauser” kalah perang melawan Rusia yang bersenjatkan otomatis. Kemudian Jerman mengembangkan sebuah senjata diberi nama “Senapan Serbu” (assault rifle atau Sturmgewehr). Kehebatan senjata ini terletak pada peluru 7.92 mm yang memungkinkan tembakan otomatis dan efektif. Dengan senjata ini, tentara juga bisa membawa amunisi lebih banyak.

10. Jenis Senjata Api – M14

M14 dihasilkan pada saat akhir Perang Dunia II. Senjata ini dikembangkan atas kebutuhan sebuah senjata yang bisa melakukan banyak tugas. Pada saat itu pleton infantri Amerika terlalu repot dengan membawa 4 jenis senjata berbeda dengan 4 jenis amunisi yang berbeda pula. M14 memiliki “stoping power” yang baik dengan menggunakan peluru standar NATO 7.62 mm. Sayangnya, M14 bermasalah dengan berat senjata dan amunisi. Senjata ini kemudian digantikan dengan M16 yang lebih ringan.

11. Jenis Senjata Api – HK MP5

HK MP5 atau Heckler Koch (HK) Maschinenpistole (MP) termasuk jenis senjata api mesin atau senapan mesin. Senapan mesin ini pertama kali dibuat pada 1960 di Jerman. HK MP5 dipakai oleh Jerman saat perang dunia ke-2. Senjata ini dibuat untuk mempersenjatai pasukan elite Jerman pada 1966. Dalam perkembangannya, Pasukan Kopassus pun memiliki senjata ini.

HK MP5 memiliki kaliber 9 mm dengan jangkauan tembak 200 meter dan mampu melepaskan 800 butir peluru per menit. Untuk memiliki senjata ini tidaklah mudah, bahkan TNI pun pernah ditolak saat memesan senjata ini. Senjata HK MP5 memiiliki akurasi dan keandalan yang tinggi. Jenisnya pun sangat bervariasi. Oleh karena itu, senjata ini menjadi pilihan utama bagi kebutuhan militer di berbagai negara.

12. Jenis Senjata Api, SS-1

Senjata SS-1 merupakan jenis senjata api atau senapan serbu buatan Indonesia. Senjata SS-1 ini dibuat oleh PT Pindad. Senjata SS-1 ini digunakan sejak 1991. Spesifikasi senjata ini memiliki berat 4,01 kg, panjang 997 mm, kaliber 5,56 mm, dan jangkauan tembak efektif 450 meter.

SS-1 termasuk jenis senjata api automatic carbines (lebih pendek dengan tenaga lebih lemah dibandingkan dengan senjata api jenis rifle) ini telah memenuhi standar NATO. Saat ini, jenis senjata api yang satu ini telah dijadikan sebagai senjata standar pasukan TNI dan POLRI di Indonesia.

This entry was posted in public. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s